Langsung ke konten utama

WISATA SANGGAU KALBAR

Obyek Wisata Kab. Sanggau, Kalbar

PANCUR AJI
Terletak ± 6 km dari kota Sanggau. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan melalui sungai. Pancur Aji memiliki nilai historis, dimana dulu lokasi ini merupakan tempat persembunyian raja Bujang Malaka untuk membentengi diri dari kejaran musuh, hingga sekarang Pancur Aji masih memiliki benteng tersebut. Terdapat legenda bahwa meriam yang terdapat di Pancur Aji akan berbunyi jika ada bencana yang akan datang. Lokasinya yang sangat menarik serta memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai tempat wisata, membuat Pemerintah Daerah merencanakan membangun areal sekitar 1.154 Ha di Pancur Aji untuk dijadikan tempat wisata yang didalamnya terdapat kebun binatang, taman bunga, taman bermain, tempat penginapan, rumah makan dan transportasi. Banyaknya air terjun dapat dijadikan sebagai tempat pemandian yang mengasikkan oleh pengunjung. Arealnya masih luas dapat dijadikan tempat olah raga seperti sepeda gunung, penjelajahan dan lain-lain maupun untuk penelitian. Disini juga terdapat tanaman tengkawang yang ditanami pada areal seluas 200 ha dan merupakan tanaman yang dilindungi, buah tengkawang dapat dijadikan bahan dasar kosmetik, minyak, margarin serta sabun sedangkan kayunya dijadikan sebagai bahan bangunan.
pancur-ajipancur-aji-depanpancur-aji-nampang
SIPATN LOTUP
Jika kita menyusuri kabupaten Sanggau melalui sungai maka dipersimpangan kecamatan Kembayan kita akan melalui Kecamatan Jangkang yang memiliki keunikan alam dan merupakan ciri khas yang berbeda dengan Kecamatan lainnya. disini akan ditemukan sumber air panas yang oleh penduduk setempat menyebutnya dengan SIPATN LOTUP yang jika diartikan adalah air yang mendidih ( meletup – letup ). disebut keanehan karena dikecamatan jangkang maupun kabupaten sanggau sendiri tidak memiliki gunung berapi yang biasanya banyak mengandung sulphur atau belerang sebagai salah satu unsur yang dapat menciptakan sumber air panas. Sipatn Lotup sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. dan sumber air panasnya konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
DANAU LAIT
Selain memberikan panorama alam yang sangat indah, danau lait merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai, memancing, bersampan maupun kemping letaknya yang agak tersembunyi membuat perjalanan kita u8ntuk menemukannya sangat mengasyikkan. dan kelelahan yng ditimbulkan dalam mencapai lokasi ini akan hilang begitu kita melihat pemandangan yang disajikan oleh danau ini. berlokasi di Tayan Hilir sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil.
GOA THANG RAYA
Thang Raya yang berada di Kecamatan Beduai memiliki panjang 100 m. Goa ini sangat bagus untuk dikunjungi karena terdapat batu – batu yang membentuk relief – relief berlokasi sekitar 100 m dari kota Sanggau.
goa-thang-raya
TIONG KANDANG
Adalah bukit yang tertinggi dikabupaten sanggau. berlokasi dikecamatan balai yang berjarak 64 km dari kota Sanggau untuk ke Kecamatan Balai dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat yang memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. untuk mencapau bukit Tiong Kandang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. dari atas bukit dapat dilihat pemandangan yang sangat bagus. Tiong Kandang dapat pula dijadikan sebagai lokasi olah raga wisata seperti pendakian maupun penjelajahan serta bagi mereka yang sangat senang hidup dialam, bukit Tiong Kandang merupakan tempat yang tepat untuk berkemping.
bukit tiong kandang
AIR TERJUN SIRIN PUNTI
Berlokasi dikecamatan Entikong sekitar 2 jam dari kota Sanggau. telah banyak masyarakat setempat maupun wisatawan luar yang mengunjungi lokasi ini. karena memiliki panorama yang sangat indah. udara bersih yang dikelilingi oleh pepohonan dan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin relax. lokasinya yang berada didalam hutan merupakan tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai petualangan.
sirin-punti
HUTAN BELIAN
Suatu keasikan tersendiri untuk memasuki hutan belian mengingat fauna ini merupakan tanaman langka dan dilindungi oleh pemerintah mengingat jumlahnya yang sudah semakin sedikit. Kayu ini banyak menjadi incaran orang karena kualitasnya yang sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan bangunan maupun home industri, pada masa pendudukan Belanda kayu ini banyak dibawa ke negeri Belanda sebagai bahan dasar untuk membangun dam. Hutan ini dapat ditemukan diwilayah Plomas Mengkong sekitar 15 Km dari kota Sanggau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah SYEKHERMANIA

“SEJARAH SYEKHERMANIA” Sebelumnya dari penulis atau yang punya gagasan (Inisiator) menyampaikan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar besarnya. bilamana dalam penyampaian nanti sekira kurang bijak dan ada sesuatu yang kurang berkenan di hati pembaca. SYEKHERMANIA adalah nama sebuah Komunitas Pecinta Al Habib Syekh Bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo Jawa Tengah Indonesia. Beliau adalah Pengasuh Majlis Dzikir, Ta’lim dan Sholawat “AHBAABUL MUSTHOFA”. Dalam cara Beliau berdakwah kecuali dengan mengajak Jama’ahnya dalam berDzikir mendekatkan diri dan mencintai ALLAH Subhanahu wa ta’alaa. juga dengan membaca Sholawat secara bersama sama untuk menyanjung dan mencintai Baginda Nabi MUHAMMAD Shollallahu ‘alaihi wa sallam. “Segala sesuatu bisa di ambil kemanfa’atannya, walaupun itu terkesan kurang baik di awalnya. sebagaimana sarana internet dengan dunia mayanya. bila bisa mengambil hal positif di dalamnya, pastilah besar manfa’at dan hikmahnya, pun bisa kita gunakan sebagai sarana Dakwah.

PENGERTIAN SPT DAN SPP LENGKAP

Apa yang dimaksud dengan SPT (Surat Pemberitahuan)? Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Surat Pemberitahuan Tahunan adalah surat yang oleh Wajib Pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Apa dasar hukum dari SPT? Undang-Undang Nomor 28 TAHUN 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 TAHUN 1983. SE Dirjen Pajak No. SE - 04/PJ.33/1998 tanggal 30 April 1998 tentang Perpanjangan Jangka Waktu Penyampaian SPT Tahunnan Pajak Penghasilan. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP - 518/PJ./2000 tanggal 4 Desember 2000 tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Selain Melalui Kantor Pos. Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP - 517/PJ./2000 tanggal 4 Desember 2000 tentang Tempat Pengambilan Surat Pemberitahuan. Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE - 01/PJ.9/2000 tanggal 24 Apri

MATERI BAHASA INGGRIS

Tips Membuat Standard Operating Procedures (SOP) Standard Operating Procedures   Apa itu SOP? SOP adalah 1 set perintah kerja atau langkah-langkah yg harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dgn berpedoman pada tujuan yg harus dicapai (www.iso9000store.com) Definisi SOP yg lain adalah “detailed, written instructions to achieve uniformity of the performance of a specific function” www.ctru.auckland.ac.nz/medglossary/s.html Untuk siapa SOP dibuat? SOP menjadi pedoman bagi para pelaksana pekerjaan. Ini bisa berarti para karyawan produksi, resepsionis, office boy, supir, staf administrasi di kantor, pabrik atau gudang, supervisor dan manager SOP akan berbeda untuk pekerjaan yg dilakukan sendirian, untuk pekerjaanyg dilakukan secara tim dan untuk pengawas pekerjaan tsb Kapan menyusun SOP? * SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan. * SOP digunakan utk menilai apakah pekerjaan tsb sudah dilakukan dgn baik atau tidak. * Uji SOP sebelum dijalank